Senin, 23 Januari 2012

UJI KOMPETENSI 2012 TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI

UKK tahun ini terasa ada yang kurang, dari proses peng-upload-an berkas kelengkapan sampai ke soal yang akan digunakan. Terlepas dari hal itu semua, saya mencoba sharing (membagi) apa yang sudah dikerjakan. Sesuai Soal yan diterbitkan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) tahun 2012 tentang soal Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Teknik Elektronika Industri bahwa soal masih berkenaan dengan penggunaan mikrokontroler sebagai pengendali. Untuk soal atau paket soal ada 3 macam yaitu paket 1 berisikan pengontrolan 7segmen yang difungsikan untuk mendisplay upcounter dan downcounter , paket 2 mengenai pengontrolan arah putaran motor DC, paket 3 pengontrolan display LED. Langsung saja kita mulai pembahasan.
*)Soal/Paket 1.
Buatlah rangkaian kontrol display 7 segment dengan ketentuan :

1. SW 1 ditekan 7 segment menghitung 00 - 09 (7 segment tetap menyala walaupun SW1 sudah dilepas lagi)
2. SW 2 ditekan 7 segment menghitung 09 - 00 (7 segment tetap menyala walaupun SW2 sudah dilepas lagi)
3. SW 3 ditekan 7 segment menunjukkan 00 (7 segment tetap menunjukkan 00 walaupun SW3 sudah dilepas lagi)
Saran : sebelum membuat rangkaian pada PCB ada baiknya diujikan dahulu rangkaian yang diberikan pada lembar soal yang dapat di download disini. Untuk memastikan bahwa semua dapat berjalan dengan benar. Anda dapat dengan berbagai cara mencobanya mulai menggunakan protoboard atau software simulasi elektronika yang biasa digunakan. Saya telah mencoba rangkaian pada Soal 1 menggunakan software Proteus 7.4 dengan beberapa modifikasi rangkaian.
Pertama sebelum membuat program kita harus memetakan I/O (input/Output) dahulu untuk memudahkan pembuatan program karena ini berkaitan dengan pemberian data berapa yang akan digunakan pada port yang bersangkutan. Dari skema yang ada kita bisa lihat dan buat petanya. contoh peta output 7segmen berikut :
Setelah itu baru kita membuat program. Program untuk paket 1 meliputi subprogram untuk memeriksa input, subprgram untuk menampilkan angka ke 7segmen dengan hitungan naik (upcounter), subprgram hitung mundur (downcounter) dan menampilkan 00 seperti yang diminta soal. ==Subprogram input== pada bagian ini ada beberapa cara untuk membaca input mengunakan instruksi list berbeda.
==subprogram menampilkan angka pada 7segment===
==Subprogram downcounter== Untuk subprogram ini, tidak jauh berbeda dengan upcounter hanya saja diubah perintah untuk mengambil data urutan menghitung turun.
Silakan ditambahkan dan dicoba untuk program yang kurang. InsyaAlloh bisa.
*)Soal/Paket 2
Untuk soal ke 2, mikrokontroler diminta mengendalikan motorDC menggunakan transistor yang disusun H-Bridge, transistor yang digunakan berjenis NPN dan PNP, bisa dilihat pada skema berikut.
Pengendalian pada motor DC ini sedikit lebih mudah dalam membuat programnya. karena port yang digunakan untuk mengendalikan motorDC cukup 2 yaitu P2.0 dan P2.1. seperti sebelumnya ada bebrapa subprogram diantaranya subprogram memeriksa input yang ditekan, subprogram putar kiri, kanan dan stop.
Jika pada saat pergantian putaran motor DC ada baiknya berikan instruksi untuk berhenti sejenak agar menghilangkan arus sesaat yang ditimbulkan motor.
*)Soal/Paket 3.
Untuk soal ke-3 ini, yang dikendalikan adalah LED (Light Emiting Diode). dimana menggunakan 3 buah push button (tombol) untuk mengontrol LED tersebut. Led dihubungkan pada port 0 dan tombol port 1.
Pada paket ini yang diminta sebagai berikut
Buatlah rangkaian kontrol display LED dengan ketentuan :
1. SW 1 ditekan 8 LED menyala dari kiri ke kanan ( 8 LED tetap menyala dari kiri ke kanan walaupun SW1 sudah dilepas lagi)
2. SW 2 ditekan 8 LED menyala dari kanan ke kiri ( 8 LED tetap menyala dari kanan ke kiri walaupun SW2 sudah dilepas lagi)
3. SW 3 ditekan 8 LED akan mati (8 LED tetap mati walaupun SW3 sudah dilepas lagi) dengan mengacu pada soal maka program yang dibuat terdiri dari subprogram yaitu pembaca input, menyalakan led dari kiri ke kanan, menyalakan led dari kanan ke kiri dan stop.
dari potongan program diatas, untuk membuat pergeseran data di port 0 kita dapat memanfaatkan instruksi khusus RL (Rotate to Left) dan RR (Rotate to Right), dengan ini program juga lebih sederhana. Untuk dapat setiap saat mengecek keadaan input maka disarankan untuk menyisipkan pemanggilan subprogram pembacaan tombol sehingga lebih baik tampilan lednya.
Baiklah, mungkin sampai disini dulu pembahasannya, untuk pertanyaan dan hal-hal lain dapat didiskusikan dengan memberikan komentar or mengisi chat box yang tersedia di sebelah kanan. terima kasih, Selamat mencoba dan sukses selalu.

9 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum,
keren akh

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum,
keren akh

Anonim mengatakan...

keren banged....
bisa bantuin buat tugas sekolah

Atho' mengatakan...

Saya coba bantu insyaalloh,

Samsul Muhayadi mengatakan...

Terima kasih mas, sangat bermanfaat bagi kami yg akan melaksanakan uji kompetensi...

Samsul Muhayadi mengatakan...

Terima Kasih mas, sangat bermanfaat bagi kami yang akan melaksanakan Uji Kompetensi

Anonim mengatakan...

mas mau tanya say cek program di proteus udh bener, cuma pada saat dilayout kenapa yah pada awal nyala led itu nyla semua ga dalam keadaan mati.

Atho' mengatakan...

mmm, saya harus liat programnya dulu mas, coba aja dikirim ke email nanti saya bantu, insayaalloh...

Unknown mengatakan...

Sankyu Atho-sensei shippuden